Kojo Garmen

KOJOGARMEN

Turun Langsung ke Dunia Bisnis Konveksi Saat Jadi Mahasiswa di Unpad

Penulis : Dyah Kusumastuti Utari

Faizal Nur Sodik, yang akrab dipanggil Faiz merupakan Mahasiswa Universitas Padjadjaran angkatan 2015 jurusan Administrasi Bisnis. Walaupun masih menyandang status mahasiswa, beliau telah menjajal berbagai macam jenis usaha. Berbagai macam jenis usaha yang telah dijalankannya, yaitu pengiriman barang dan ojek online, creambath, katering, pijat panggilan, alpukat kocok, hingga keripik singkong.

Apakah beliau menyesalinya? Apakah beliau malu melakukannya? Tentu saja semua jawabannya tidak. Selama itu halal, mengapa harus malu melakukannya. Pria muda ini mempunyai prinsip bahwa setiap jalan akan ada rejekinya dan rezeki tidak akan tertukar.

Selain itu, beliau merasa tertantang untuk memenuhi tantangan yang ditawarkan ibunda. Saat itu ibunda memberikan tantangan pilihan profesi, apakah memilih menjadi ASN, pekerja atau pengusaha. Ayah satu putri ini pun memilih untuk menjadi pengusaha, bukankah sembilan dari sepuluh pintu rezeki adalah berdagang.

Akhir 2018, saat akhir tahun beliau menyelesaikan studinya, pilihan untuk membuat usaha di bidang garmen pun diliriknya. Kali ini dengan konsep yang berbeda dibandingkan jenis usaha yang telah dijalani sebelumnya.

Konsep yang matang mulai disusunnya. Uniknya usaha garmen yang diberi nama Kojo Garmen ini tidak menggunakan modal sama sekali. Perputaran uang yang digunakan berasal dari pembeli. Pembeli memberikan uang muka sebagai tanda jadi yang selanjutnya digunakan untuk membeli bahan dan memberikan bahan tersebut untuk dijahit pada mitra yang diajak bekerja sama untuk memproduksi pesanan. Setelah pesanan selesai maka pembeli melakukan pelunasan.

Berawal dari keengganannya mengalami konflik dengan mitra, maka beliau dan tim memutuskan untuk memproduksi sendiri pesanan pelanggan. Pesanan yang diterimanya pertama kali adalah pesanan dari komunitas mahasiswa Unpad yang berasal dari Ciamis, hingga saat ini telah dipercaya oleh ratusan pelanggan, salah satunya adalah Astra Grup, Wings Grup , kementrian perhubungan, kementrian PUPR, Kementrian Tenaga Kerja dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk kalian yang masih kuliah tak perlu ragu untuk memulai bisnis. Faizal Nur Sodik adalah salah satu contohnya yang telah berhasil menjadi pengusaha dari usaha yang dirintisnya sejak kuliah. Mengutip pesan Dahlan Iskan, ‘Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika masih muda.’

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =