Kojo Garmen

KOJOGARMEN

Perbedaan Kain Cotton Combed 30s, Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 20s.

Oleh: Iis Santi 

Kain cotton combed sudah banyak dikenal dan lazim digunakan untuk berbagai produk fashion. Ada banyak jenisnya, biasanya disebut beserta kode angka dan huruf. Cotton Combed 30s, Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 20s. 

Apa maksud kode tersebut? Lalu apa perbedaannya? Simak penjelasannya hingga tuntas dan jangan sampai salah pilih, ya. 

Apa itu Cotton Combed?

Sebelum membahas tentang perbedaan cotton combed 30s, 24s dan 20s, ada baiknya kita membahas dulu apa itu kain cotton combed. Dan kenapa kain cotton combed banyak sekali dipakai di Indonesia. 

Kain Cotton Combed adalah kain yang berasal dari 100% serat kapas alami tanpa ada campuran bahan sintetis. Proses pembuatannya adalah dengan proses combing atau penyisiran sebelum benang dipintal. Proses combing memisahkan serat benang dengan berbagai macam kotoran dan serang benang yang pendek. Proses ini juga membuat kain yang dihasilkan lebih kuat karena jalinan benangnya rapat dan kuat. Sehingga pakaian yang dihasilkan akan awet dipakai dalam jangka waktu lama.

Kain Cotton Combed salah satu bahan favorit untuk produk fashion di Indonesia karena karakteristik kainnya yang lembut, empuk, adem dan menyerap keringat. Sehingga pas dengan cuaca di Indonesia yang cenderung panas. Selain itu, pakaian dengan bahan cotton combed akan tetap nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas dan bisa dipakai oleh semua kalangan usia, dari bayi hingga dewasa.

Apa arti kode angka dan huruf “s”? 

Kain cotton combed biasa diikuti dengan kode angka, seperti 30, 24 atau 20. Angka tersebut sebenarnya menunjukkan jumlah benang atau ketebalan benang untuk dijadikan kain katun. Semakin besar angkanya maka semakin banyak jumlah benangnya karena semakin halus benangnya.

Sedangkan huruf “s” di belakang angka merupakan singkatan dari single knitt, yang menunjukkan bahwa jumlah jarum yang dipakai merajut kainnya hanya satu jarum saja. 

Sudah jelas, ya, apa arti dari kode pada jenis kain cotton combed. Sekarang mari kita bahas perbedaannya. 

Perbedaan Cotton Combed 30s, Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 20s. 

1. Jumlah Benang atau Ketebalannya 

Berdasarkan penjelasan di atas, cotton combed 20s paling tebal dibandingkan dengan cotton combed 24s dan 30s. Sedangkan cotton combed 30s paling tipis di antara ketiganya. 

2. Gramasi atau Berat Kain

Gramasi adalah berat kain cotton combed. Biasanya menggunakan satuan gsm (gram/meter persegi). Gramasi kain cotton combed ditentukan oleh ketebalan kain. Semakin tebal kainnya makan semakin berat gramasinya.

Kain Combed 20s mempunyai gramasi 190-200gsm, sedangkan Combed 24s mempunyai gramasi antara 175-185gsm dan Combed 30s mempunyai gramasi di kisaran 140-150gsm.

Semakin jelas ya, kalau kain cotton combed 30s paling tipis di antara dua jenis lainnya. 

3. Kegunaan 

Kain cotton combed 30s biasa digunakan untuk kaos-kaos distro yang dipakai para cowok. Hal ini karena bahannya lebih tipis, ringan dan terasa lebih adem. Sehingga sangat pas untuk para cowok yang mempunyai banyak aktivitas. Cotton Combed 30s juga dipakai untuk kaos polos yang siap disablon. 

Sedangkan cotton combed 24s biasanya dipakai untuk kaos distro cewek dan busana muslim. Hal ini karena bahannya yang lebih tebal sehingga tidak menerawang saat dipakai.

Cotton Combed 20s paling cocok digunakan untuk kaos atau pakaian yang dikenakan di daerah dingin atau untuk kegiatan outdoor di dataran tinggi. Ketebalannya bisa menahan dingin, terasa hangat tapi tetap mampu menyerap keringat dengan baik.  

4. Harga 

Perbedaan cotton combed 30s, 24s dan 20s juga dari segi harga. Dilihat dari ketebalannya, kain cotton combed 30s justru mempunyai harga yang lebih mahal dibanding dua jenis lainnya. Hal ini karena dalam jumlah yang sama, kain cotton combed 30s bisa dipakai untuk membuat kaos untuk jumlah yang lebih banyak. 

Harga masing-masing jenis cotton combed akan mungkin berbeda di setiap kota. Tapi tingkatan harga biasanya berdasarkan ketebalannya.

Mana yang lebih bagus Cotton Combed 30s, Cotton Combed 24s atau Cotton Combed 20s? 

Meskipun mempunyai beberapa perbedaan, kain cotton combed 30s, cotton combed 24s dan cotton combed 24s mempunyai keunggulan yang sama yaitu nyaman dipakai, adem, handfeel-nya empuk, tidak kaku dan menyerap keringat. 

Ketiganya mempunyai kualitas yang sama bagus, karena bagus tidaknya kualitas suatu kain ditentukan oleh bahan bakunya. Sedangkan jenis ketebalan kain menjadi variasi pilihan untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Makanya kain cotton combed tetap menjadi bahan favorit untuk aneka kaos dan pakaian di Indonesia. 

Jika Anda ingin membuat produk dengan bahan cotton combed, maka Kojo Garmen akan siap membantu. Ketiga jenis kain cotton combed dengan kualitas premium tersedia di Kojo Garmen sebagai bahan untuk aneka kaos dan busana lainnya. 

Kojo Garmen telah berpengalaman dalam pembuatan aneka pakaian dengan berbagai bahan. Jadi, Kojo Garmen siap untuk memenuhi permintaan costumer dengan menyesuaikan aspek peruntukan pakaian, kualitas yang diinginkan juga budget yang disediakan. 

Jadi, bahan cotton combed mana yang akan Anda pilih? Segera hubungi admin Kojo Garmen agar Anda tidak salah pilih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − two =